STONEHENGE OF INDONESIA

By Kartikanofi - Desember 03, 2017


Siapa yang tidak menduga kalau bangunan stonehenge hanya ada di UK?
“Di Jogja ada loh ya, gak usah ribet – ribet ngurusin trip ke UK.” Begitu kata seseorang yang menawarkanku mengunjungi Stonehenge Yogyakarta yang berada satu kawasan dengan The Lost World Castle dan Museum merapi di daerah Cangkringan Yogyakarta.
Setelah puas memanfaatkan momen sepi di dalam The Lost World Castle, aku pun bergegas menuju kawasan Stonehenge yang jaraknya sekitar 20 meter dari gerbang The Lost World Casle. Ketika hampir memasuki kawasan Stonehenge, akupun berbincang dengan seorang bapak penjual tiket. Dia bercerita tentang masyarakat Desa Kepuharjo yang bergotong royong mendirikan kawasan wisata Stonehenge dari bebatuan sisa letusan Gunung Merapi. Memang mereka sudah tidak lagi tinggal di kawasan Desa Kepuharjo. Mereka telah berpindah di kawasan Merapi Golf dan kembali ke desa yang dulu mereka tinggali untuk sekedar mencari nafkah. Aku pun melihat sendiri, banyak rumah dan pepohonan yang telah hancur akibat bencana erupsi 7 tahun silam.


Beberapa Rumah Warga yang Hancur Akibat Erupsi Gunung Merapi
Aku mulai memasuki Stonehenge melewati beberapa anak tangga yang di sebelahnya terdapat banyak pepohonan kering dan hancur. Si bapak penjual tiket tadi memang telah menunjuk pepohonan yang kering dan hancur itu akibat erupsi.
Tangga Menuju Stonehenge

Yah akhirnya akupun melihat tiga bebatuan yang disusun seperti lorong pintu dan berinteraksi dengan bebatuan lain membentuk pola lingkaran. Inilah yang disebut Stonehenge. Amazing! Sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable.




Satu lagi keberuntunganku, berkunjung di waktu yang sepi. Hanya ada 3 rombongan yang berada di kawasan ini, artinya sangat mudah untuk mengambil foto tanpa merasakan gangguan background.



Sayangnya dari stonehenge tidak terlihat pemandangan si cantik “Gunung Merapi”. Mungkin karena tempat ini masih ditumbuhi banyak pepohonan dan sialnya lagi, cuaca masih mendung.


Sekali lagi aku tegaskan, Stonehenge Yogyakarta berbeda dengan Stonehenge di UK. Stonehenge di Yogyakarta ini dibangun dua tahun silam oleh masyarakat sekitar, tidak seperti Stonehenge UK yang katanya dibangun pada jaman perunggu dan neolitikum. Dia juga tidak begitu luas, hanya berdiameter sekitar 20 meter. Kamupun bisa berlari mengelilingi Stonehenge Yogyakarta berkali – kali, yah tidak jauh beda seperti kamu berkeliling memutari bundaran depan gerbang UGM.


  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

Please leave a comment and I'll be back to visit your page. Let's make a bingo!